Pages

Thursday, September 17, 2015

Masjid Quba

Masjid Quba - Terletak di daerah Quba, sekitar 5 km sebelah selatan Madinah. Waktu Nabi Saw berhijrah ke Madinah, orang pertama yang menyongsong kedatangan Rasulullah adalah orang-orang Quba. 

Masjid Quba' adalah masjid kedua dari dua masjid yang memiliki keutamaan dan kedudukan penting di kota Madinah. Kedua masjid itu didirikan atas dasar ketakwaan sejak hari pertama. Masjid ini adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW. Rasulullah SAW meletakkan batu pertama tepat di kiblatnya dan ikut menyusun batu-batu selanjutnya hingga bisa menjadi pondasi dan dinding masjid.
Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri.. (QS At-Taubah: 108).
Ada beberapa dalil yang menunjukkan keutamaan shalat di masjid Quba. 
Dalil yang berasal dari perbuatan Rasulullah SAW  :


Nabi  Muhammad SAW mendatangi Masjid Quba setiap pekan dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian Beliau shalat dua rakaat. (HR. al-Bukhari dan Muslim).
Sedangkan dalil yang berasal dari perkataan Nabi Muhammad SAW adalah hadits yang diriwayatkan dari Sahl bin Hunaif ra,
"Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba', kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah (HR. Ibnu Majah dan lainnya). 
Desa Quba memiliki tanah yang sangat subur dan banyak perkebunan kurma di sekitar masjid. Masjid Quba telah beberapa kali mengalami renovasi.Masjid Quba memiliki 19 pintu. Dari 19 pintu itu terdapat tiga pintu utama dan 16 pintu lainnya. Tiga pintu utama berdaun pintu besar dan menjadi tempat masuk para jamaah ke dalam masjid. Dua pintu diperuntukkan untuk masuk para jamaah laki-laki sedangkan satu pintu lainnya sebagai pintu masuk jamaah perempuan. 

Di seberang ruang utama mesjid, terdapat ruangan yang dijadikan tempat belajar mengajar. Di samping masjid tersebut juga terdapat ratusan makam yang menurut kisah terdapat beberapa makam sahabat di dalamnya.
Dalam masjid ini, kebersihan selalu terjaga, cahaya matahari yang cukup dan aliran udara yang baik. 

Demikian informasi mengenai Masjid Quba. Semoga dapat bermanfaat. Untuk informasi mengenai paket umroh di Rabbani Tour dapat mengunjungi website Rabbani Tour atau datang langsung ke kantor kami di Jalan Lengkong Kecil No.4 Bandung.

0 comments ttg Masjid Quba:

Post a Comment